Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘My Life’ Category

Kalimat bijak Islami ini sebenarnya merupakan rangkuman dari pembahasan zuhud di Radio Radjo tepat 4 tahun lalu, 19 Januari 2015, di kajian ilmiah pada pagi hari. Saat itu saya kurang tahu sebenarnya siapa ustadz yang sedang mebahas topik ini. Namun, kajian ini sangat menarik sehingga saya rangkum dalam sebuah status di FB pada tanggal yanga sama saya mendengarkannya pertama kali:

Zuhud artinya meletakkan dunia di tangan, bukan di hati. Meski ia kaya raya sekalipun, ia tetap yakin bahwa apa yang ada di sisi Allah jauh lebih penting daripada apa yang ada di sisi manusia. Nabi Sulaiman kaya raya namun zuhud.
Andaikan kita berada di lingkungan serba glamour, misalnya tetangga kita semuanya orang kaya, justru itulah kesempatan bagi seorang muslim menunjukkan kezuhudannya dan menunjukkan akhlakul kharimah (akhlak mulia seorang muslim sejati) kepada tetangganya, apapun agamanya. Setiap tetangga memiliki satu HAK dan hak tersebut di Islam merupakan hal yang sangat besar, yakni hak untuk diperlakukan dengan hormat, mulia. Kita harus menghormati tetangga dalam urusan dunia meski agama berbeda.

* Kajian pagi ini di Radio Rodja AM 756 Khz *

Masya Allah …indahnya Islam.


 

Zuhud 19Jan2020

#zuhud #duniaditangan #radiorodja #rodja

 

Read Full Post »

Takwa 14 Ali-Imran 123 19Jan2020

14. Dengan takwa, syukur kepada Allah dapat diwujudkan

Tafsir Ibnu Katsir, Surat Ali-Imran ayat 123:

Dia adalah Allah subhanahu wa ta’ala, maka minta tolonglah kalian kepada-Nya. Karena sesungguhnya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditolong-Nya dalam Perang Badar, padahal bilangan pasukan beliau lebih sedikit daripada jumlah kalian sekarang. Karena itu, apabila suratku ini datang kepada kalian, maka perangilah mereka dan janganlah kalian meminta pendapat dariku lagi.” Akhirnya kami berperang menghadapi orang-orang kafir, dan kami dapat memukul mereka mundur sejauh empat farsakh. Dalam perang tersebut kami memperoleh banyak harta ganimah. Kami bermusyawarah untuk pembagiannya, maka Iyad mengisyaratkan kepada kami agar kami memberi sebanyak sepuluh kepada tiap yang berkepala.

Abu Ubaidah berkata, “Siapakah yang mau bertaruh denganku (dalam balapan kuda)?” Ada seorang pemuda berkata, “Aku, jika engkau tidak marah.” Ternyata pemuda itu dapat menyusulnya. Aku melihat kedua kepangan rambut Abu Ubaidah awut-awutan, sedangkan Abu Ubaidah berada di belakang pemuda itu dengan mengendarai kuda Arab. Sanad atsar ini shahih. Ibnu Hibban mengetengahkannya di dalam kitab sahihnya melalui hadits Bandar, dari Gundar dengan lafal yang semisal.

Atsar ini dipilih oleh Al-Hafidzh Ad-Diya Al-Maqdisi di dalam kitabnya. Badar adalah nama sebuah tempat yang terletak di antara Mekah dan Madinah, terkenal dengan sumurnya. Nama tempat (kampung) ini dikaitkan dengan nama seorang lelaki yang mula-mula menggali sumur tersebut, nama lelaki yang dimaksud adalah Badar ibnun Narain. Asy-Sya’bi mengatakan bahwa Badar adalah nama sebuah sumur milik seorang lelaki yang dikenal dengan sebutan ‘Badar’ Firman Allah subhanahu wa ta’ala: Karena itu, bertakwalah kepada Allah, supaya kalian men-syukuri-Nya. (Ali Imran: 123) Yakni agar kalian dapat mengerjakan ketaatan kepada-Nya.”

GW 19/01/2020

#takwa #syukur #ustadzyazid

Read Full Post »

Hishnul Muslim (Benteng Muslim) adalah buku kecil dengan kandungan dahzyat berisi doa dan dzikir sehari-hari berdasarkan Al-Quran dan Hadits. Setiap detik kehidupan kita semuanya bisa bernilai ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah Azza wa Jalla dimana buku kecil ini (kiri) menjadi panduannya. Bukankah kita semua diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepada-Nya (QS Ad-Dzariyat:56). Harusnya kita manfaatkan setiap detik waktu kita dengan ibadah. Banyak sekali doa-doa dan dzikir yang sudah dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti terdapat pada buku kecil ini dikelompokkan menjadi 132 kelompok. Kebayang gak sih mengamalkan keseluruhan 132 hal ini di setiap segmen kehidupan keseharian kita? Maasya Allah… Hidup menjadi penuh berkah. Insyaa Allah.

Bila rasanya males menjalankan dzikir dan doa tersebut ada kitab Syarah Hishnul Muslim yang merupakan penjelasan rinci dari buku kecil Hishnul Muslim. Buku kedua ini membuat kita semakin meresapi bagaimana periwayatan dan pemaknaan dari setiap dzikir dan doa di buku kecil. Misalnya dalam hal dzikir ketika bangun tidur, begitu indahnya kisah Ibnu Abbas meriwayatkan haditsnya dimana beliau melihat sendiri Rasul berdzikir dan membaca QS Ali Imran ayat 190 sampai dengan 200 kemudian berwudhu dan mendirikan shalat tahajud 10 rakaat dan disertai witir.

Maasya Allah… Yang selama ini saya pahami hanya sekedar doa ketika bangun tidur tanpa tahu bahwa ada juga membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. Betapa meruginya saya baru tahu sekarang padahal ini sudah dicontohkan Rasul 1400 tahun yang lalu!

Mari kita amalkan 132 hal dalam Hishnul muslim ini dalam keseharian kita. Semoga Allah Taala memudahkan kita belajar ilmu agama dan mengamalkannya secara konsisten. Aamiin Ya Rabb.

GW 17/01/2020

hishnulmuslim #doa #dzikir #sunnah

Read Full Post »

DURHAKA KEPADA ORANG TUA. Seorang penanya dari Balikpapan minta nasehat ke ustadz bahwa ia diajak orangtua ke suatu tempat tanpa bertanya dulu akan pergi kemana. Ternyata ke dukun dan diberi minum air putih yang sudah diberi mantra oleh dukun. Sang anak tidak berani menasehati orangtua karena takut menyinggung beliau. Mohon nasehat ustadz.

Ustadz menjawab: Justru dengan mendiamkan orangtua ketika berbuat syirik merupakan kedurhakaan yang sebenarnya kepada orangtua. Kita tahu orangtua berbuat salah dan kewajiban kita untuk menasehatinya. Banyak atsar yang mengatakan bahwa mendatangi dukun bahkan hanya sekedar bertanya saja tidak diterima shalatnya selama 40 hari. Dosa syirik itu luar biasa. Kita tidak boleh membiarkan orangtua kita berbuat kesyirikan meski kecil.

Ustadz Abdullah Taslim

ceramahpagi #radiorodja #anakdurhaka #dukun #syirik #kajianilmiah #ustadzabdullahtaslim

Read Full Post »

Masih inget barang ini? Kalau ya, berarti usia Anda sudah di atas 50 tahun. Barang ini di jaman dulu hampir selalu ada di setiap rumah terutama di Jawa. Saat itu belum dikenal yang namanya rice cooker atau magic jar. Ortu kita menanak nasi (‘ngedang sego’) dengan cara konvensional melalui ‘dandang’. Setelah matang, sego (nasi) dipindahkan ke sebuah cething (foto). Sepanjang hari, dan bahkan sampai esok harinya, kita ya makan nasi dari cething ini tanpa dipanaskan lagi. Rasanya juga enak aja tuh dulu, makan dengan nasi dingin. No probolinggo et ol.

Jaman modern setelah adanya magic jar, cething sego mulai jarang dilihat lagi bahkan punah. Orang suka makanan yang serba panas, anget, dengan memasang fitur ‘warm’ di magic jar atau memanaskan dengan microwave. Padahal ternyata itu malah tidak baik. Nasi panas terserap lebih cepat oleh tubuh. Penyerapan yang cepat ini bukanlah suatu hal yang baik. … Indeks glikemik nasi dingin yang lebih rendah membuat karbohidrat lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga tidak menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

Nah! Saatnya makan nasi dingin. Dan… Ternyata enak lho makan sambel tempe dengan nasi dingin, apalagi makannya ‘muluk’ (tanpa sendok) dengan tiga-jari ala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Biyuh! Huwenak tenan, tambah pahala lagi… Ngikutin sunnah. 😊

82344913_10157960757283809_3151777109249097728_n


#cethingsego #nasidingin #nasisehat

Read Full Post »

Manusia memang tidak konsisten; dalam urusan dunia, ia bekerja keras dan mati-matian untuk mendapatkan yang terbaik. Tidak ada istilah “yang penting kerja, gaji berapa aja saya OK” karena pada dasarnya kalau ada tawaran gaji yang berlimpah, umunya manusia akan mengambilnya. Kaidah ini mestinya secara konsisten diterapkan juga dalam urusan agama karena pahalanya luar biasa. Seharusnya dalam urusan agama manusia juga beramal-soleh yang keras sehingga benar-benar menjadi amalan terbaik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda agar kita meminta surga firdaus, jangan “yang penting masuk surga, di emperan juga tidak apa-apa, yang penting surga…”. Padahal di surga tidak ada emperan. Manusia harusnya kerja keras untuk meraih yang terbaik dalam urusan agama.

Kalau dalam urusan dunia kita tidak tanggung-tanggung mengembangkan skill tertentu: engineer, akuntan, arsitek atau apapun bahkan dengan investasi uang dan waktu. Harusnya untuk urusan agama kita juga harus punya skill juga. Misalnya skill dalam hal sodaqoh, shallat malam, puasa. Umar bin Khaththab memiliki skill tegas dalam menegakkan agama sehingga setanpun takut dan menghindar menjumpai Umar. Harusnya kita lebih semangat lagi mengembangkan skill dalam urusan agama ini.

Maasya Allah … Kajian yang indah ….

Benar di Dunia Salah Di Agama 10Jan2020

https://www.youtube.com/watch?v=QM1go_45qKc&t=4s

#ustadzmaududi #benardiduniasalahdiagama #amalsoleh #kajiansunnah

Read Full Post »

Alhamdulillah, atas promosi seorang teman, Rustam Effendy, akhirnya bisa menikmati sop dan sate kambing H. Mansur di jl. Terusan Casablanca, seberang kompleks Gudang Peluru, Tebet. Memang mantab sopnya, kuah bening. Ada Bang Ifeb, Rumi, Krisna dan Bangkit Sanjaya. Lumayan lama kita sambil makan dan ngobrol dari jam 15:00 hingga 17:00.

Ifeb, Bangkit, Rumi, Krisna, Rustam
Sambil ngangkat piring sate.
Udah lama gak jumpa bang Ifeb, penyiar M97 yang kocak dan beken.
Kalau dari arah Kokas di sebelah kiri jalan pas turun dari flyover.

Read Full Post »

Older Posts »