Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Life Experience’ Category

Hari ini sejak siang hari ada janjian ketemu dengan calon klien,  seorang pengusaha muda yang berencana mengembangkan kawasan industri di Kalimantan Tengah.  Tepatnya,  beliau ingin dibantu menyusun business plan. 

Karena lead nya dari kakak ipar saya dan memang rencananya sejak pagi saya dan istri mengikuti kajian di Masjid Nurul Iman Blok M Square — namun batal karena terkena macet luar biasa — maka istri saya juga ikut dalam pertemuan ini,  sekalian ketemu sama kakaknya. Pertemuan di Dapuraya Pasaraya berlangsung lancar hingga Ashar.  Kemudian saya dan istri melanjutkan ngopi di Filosofi Kopi. 

Kali ini cangkirnya ada tulisan “Temukan Dirimu Di Sini” pada cangkir kopi long black yang saya pesan,  sedangkan istri memesan cappucino dan pancake (saya biasa menyebutnya “serabi londo” … Ha ha ha…). Mantab kopinya dan juga mantab ngopi (ngobrol perkara iman) dengan istri… 

What a life! 

Advertisements

Read Full Post »

Waktu begitu cepat berlalu tanpa kita sadari. Contohnya, saya mulai lupa kapan sebenarnya mulai bersepeda ke kantor di Jakarta ini. Baru saja saya menemukan email dimana terjadi percakapan saya dengan seorang teman (Satrio Wibowo) yang menanyakan apakah saya B2W. Ini emailnya (14 Okt 2008):

Wa’alaikumsalam wr wb.

Iya .. sejak November 2006 aku rutin ke kantor bersepeda, minimum seminggu 2 kali gitu (Selasa & Jumat).
Gak ada touring ke Bandung. Paling di Jakarta aja kok. Tertarik?

Wass,
G

Artinya, sudah hampir 11 tahun saya bersepeda di DKI Jakarta ini. Lama juga ya karena tak terasa dan sampai sejauh ini belum ada rencana untuk berhenti bersepeda. Semoga Allah memberi kesehatan untuk masih tetap bersepeda terus. Aamiin

Read Full Post »

Hari ini padat sekali, dimulai dengan kegiatan profesi di Graha Surveyor dimana pada siang sampe sore hari rapat dengan klien sambil menjalin kontak dengan sahabat baik, Pak H.  Adi Tobing dan istri,  yang bermukim di Kuala Lumpur,  Malaysia.  Kami sudah kenal cukup lama dan beliau menitip dibelikan buku “Hidup Sesudah Mati”. Buku tersebut memang dibahas oleh ustadz Zulkifli Muhammad melalui rekaman kajian di youtube dan kami berminat memilikinya. Alhamdulillah buku bisa saya dapatkan dari toko buku langganan di Blok M Square milik Bang Ican.

Karena putra sulung beliau,  Ilham Akbar,  sedang berada di Jakarta dan akan kembali ke KL dalam waktu dekat,  maka buku tersebut diambil Ilham ke rumah saya kemarin.  Nah,  sore hari setelah selesai rapat di Graha Surveyor,  tepat pukul 17:10, saya mulai gowes menuju masjid Jami Bintaro di Sektor 1. Memang itu rencana titik temu saya dengan Ilham Akbar buat kemudian barengan menuju rumah sahabat saya lainnya,  Erwin Prayudi,  di Sektor 4 Bintaro.  Sebenarnya hanya ngobrol silaturahim, mumpung Ilham sedang di Jakarta dan kemarin tak sempat ngobrol saat Ilham ke rumah saya ambil buku.

Ternyata,  begitu keluar gedung,  gerimis dan hawa mendung menyelimuti jl.  Gatot Subroto.  Saya sih berharap tak bakal hujan deras.  Namun di depan gedung ada penjual jas hujan darurat (sekali pakai).  Tanpa pikir panjang saya membelinya seharga Rp.  15 ribu namun memasukkannya ke tas sepeda.  Saya gowes tanpa jas hujan menuju Bintaro.  Tepat di depan gedung Sumitmas,  sebelum perlimaan Ratu Plasa hujan deraz turun.  Terpaksa saya berhenti di bawah pohon untuk memakai jas hujan.  Setelah itu lanjut gowes.  Wah,  ternyata tambah deras dan jas hujan pun gak bisa nenahan air sehingga tembus ke badan saya.  Tapi ya sudah,  saya nikmati saja sampe akhirnya berhenti istirahat di Masjid An Nur Jl.  Bendi sebelum Tanah Kusir.  Biasanya saya shalat Maghrib di sini.  Sayangnya badan basah kuyub dan kotor terkena gejrotan air dari mobil yang nyalip selama gowes. Jadinya saya lanjutkan gowes menuju masjid Bintaro.

Masuk masjid Bintaro sekitar 18:40 dan masih juga hujan meski agak reda.  Saya kesulitan hubungi Ilham karena tas sepeda tertutup rain cover.  Akhirnya pas adzan Isya bisa komunikasi dengan Ilham.  Karena kedinginan,  saya berencana pulang dulu,  mandi dan ganti baju. Ilham mendirikan shalat Isya di masjid Bintaro dan kemudian menjemput saya ke rumah.

Alhamdulillah tepat 20:33 kami bertiga (Ilham,  saya dan istri)  mendarat di rumah pak Erwin Prayudi.

Pertemuan menjalin ukhuwah dengan sahabat saya sejak kuliah di Bandung tahun 1979 lalu berjalan lancar dan menyenangkan karena putri Pak Erwin, Putri Amalia, menyajikan hidangan martabak, arem-arem dan kue dilenkapi teh poci panas. Mantaaaabbb …. Pukul 22:10 kami mohon pamit. Saya dan istri diantar oleh Ilham hingga sampai rumah. Baru sadar bahwa saya belum shalat Isya dan Maghrib karena kehujanan saat gowes. Astaghfirullah …

Read Full Post »

Catatan Kajian oleh Ustadz Mizan Qudsyiah,  Lc di Masjid Nurul Iman,  Blok M Square, Sabtu 19 Agustus 2017 jam 13:00 – Ashar.

Lima (5) Keistimewaan Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam:
1. Diberi rasa takut pada musuhnya, sebelum berperang melawan Rasulullah
2. Bumi sebagai alat bersuci dan tempat shalat
3. Ucapannya singkat bermakna padat
4. Halal harta rampasan perang
5. Diutus utk seluruh umat

Kalau ditimpa musibah: Innalillahi…. kumplit dengan Allohumma (Muslim)

Musibah adalah suatu hal yang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan tidak pula bisa dihindari jika Allah Swt sudah berkehendak, Karena melalui musibah Allah Swt menguji umat islam dari kesabaran mereka, Melalui musibah Allah Swt memberi cobaan, Dan melalui musibah Allah Swt memberikan siksaan, Dan dalam tema atau pembahasan kali ini saya akan membagikan DOA TERKENA MUSIBAH Lengkap dengan arab latin dan artinya, Baik itu musibah yang di alami oleh diri sendiri maupun ketika melihat orang lain yang terkena musibah, Berikut Doanya dibawah ini…
Berikut Doanya

“Bismillaahirrahmaanirrahiim”
“Innaalillaahi wainnaailaihi roji’uun, Allaahumma jurnii mimmushiibatii wakhluflii khoiromminhaa”

Artinya :
Sesungguhnya kami milik allah dan kepadanya kami akan kembali, ya allah, Berikanlah aku ketabahan dalam menghadapi musibah ini dan gantilah dengan yang lebih bagus dari padanya.”

Kisah Ummu Salamah

Abu Salamah meninggal,  kemudian Rasul menasehati agar berdoa, bermunajat kepada Allah agar diberi yang lebih baik. Dipinang Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah melaknat yg bertato,  mentato dan yg minta ditato,  mencabut bulu di wajah, meregangkan gigi utk kecantikan.
Setelah hijrah,  minta ke Allah agar istiqomah
Dulu pemain musik,  kalau meninggalkan karena Allah pasti diganti oleh Allah yg lebih baik

Riyadhus Shalihin – Tentang Al Ghulam – Ashbul Ukhdud

Anak kecil cerdas,  pintar,  belajar pada tukang sihir dan juga rahib
Orang yg mau memanah didakwahi dg Bismillah…. Akhirnya bersyahadat.

Jangan ragu ketika jalur itu benar. Ihdinas shirathal mustaqim.
Siwak setan (rokok)

Mukjizat bayi bisa bicara hanya terjadi pada tiga bayi:

1. Isa ibn Maryam: Aku ini hamba Allah yg diberi ahlul kitab
2. Kisah Juraij yg dituduh berzina dengan wanita pezina yg hamil. Kisah seorang pezina yang hamil dan menuduh ahli ibadah (Juraij) sebagai yang bertanggung jawab. Ahli ibadah tak terima dan minta si bayi bicara: “Hai bayi,  siapa sebenarnya bapakmu? ” – bayi menjawab bahwa ayahnya penggembala kambing. Kisah ini adalah kisah Bani Israil (nabi Yakub). Bani Israil keturunan nabi Israil (nabi Yakub) . Gak boleh melaknat Israel,  sebut yahudi atau zionist. Juraij yang tadinya dituduh oleh Bani israil, kemudian justru dipuji.
3. Bayi yg didoakan agar seperti penunggang kuda,  tiba2 bicara dan dia berdoa tak mau dijadilan seperti penunggang kuda.

Akhirat itu lebih baik dan kekal abadi. Harus ikhlas krn allah. Banyak tanah longsor karena meninggalkan sesuatu krn Allah. Meninggalkan rokok krn Allah.

Taubat syaratnya:
1. Menyesal
2. Cabut diri
3. Jangan bertekad mengulangi
4. Ikhlas
Semuanya itu agar awet dan tak mengulangi maksiat ;agi.

Melakukan sesuatu karena Allah. Meninggalkan sesuatu karena Allah>

Ada 3 orang pasti dibantu oleh Allah
1. Orang berjihad di jalan Allah
2. Budak yg ingin membebaskan dirinya
3. Menikah untuk menjaga kesucian
Ya Allah beri aku pahala dari musibah ini

Jangan meninggalkan maksiat karena penyakit,  atau pernah kena batunya. Apapun yg diperintahkan oleh Allah pasti mendatangkan kebaikan. Orang bahagia itu mengambil orang lain sebagai pembelajaran bukan diri sendiri yg mengalami.

Ada 3 hal merupakan tanda-tanda keimanan seseoramg:
1. Allah dan RasulNya lebih kita cintai dari segalanya
2. Kita cinta pada seseorang karena Allah,  kembali jalan Allah
3. Benci kembali kpd kekafiran seperti kita benci pada api neraka
Tak ada yh mau dilemparkan ke api neraka.

Nabi mengatakan kpd Muadz bin Jabbal: Aku mencintaimu. Jangan kau tinggalkan di penghujung shalatmu: Allahumma a’ini ala dzikrika….

Cinta sungguh2 dlm berdoa

Tanya Jawab

1. Jin Ifri adalah jin yang paling jin
2. Masih teringat pacar lama,  perlu mujahadah.
3. Membentuk badan agar berotot gak maslah.  Yg gak boleh adalah pake operasi.
4. Ingin hijrah tapi suami tak mendukung.
1. Tampakkan akhlak yang Islami
2. Mohon hidayah dari Allah
3. Tidak bosan mengajak.  Nabi Nuh dakwah 950 tahun

5. Takut melamar

6. Dosa meninggalkan shalat di masa lalu. Taubat!

 7. Mualaf

Bagaimana agar iistiqomah? Al Ankabut 72 . Minta istiqmah ke Allah. Bergaul dengan yg baik

8. Mendoakan orang tua kafir agar mendapat hidayah

9. Bekerja di kantor yg wajib potong jenggot. Tinggalkan karenA Allah.

10. Ibu berjilbab bekerja di resto yg menjual wine 100% padahal single parent dari 2 anak. Sbaiknya dihindari pekerjaan tersebut.

:

Read Full Post »

Di Gambir kenalan sama porter soleh,  Pak Dahlan.  Usia 58 tahun.  Sudah jadi porter sejak 1980. Selalu shalat di masjid.  Setiap tutur katanya selalu menyebut Subhanallah.  Maasya Allah.  Anak 5, cucu 4. Beliau bersyukur jadi porter karena masih bisa kerja.  Kalau jadi karyawan PT KAI pasti sekarang udah pensiun. 
Luar biasa.  Maasya Allah. 

Read Full Post »

Akhir pekan ini bagi saya istimewa karena memang ada hajatan dengan Road 2 Jannah yang diberi amanah oleh Ustadz Subhan Bawazier (USB) Hafidzahullah untuk mengorganisir kajian beliau yang rencananya digelar di URBNATION Bandung pada tanggal 13 Agustus 2017 jam 9:00 sd 11:30. Artinya,  saya harus berangkat sehari sebelumnya dan menginap. Eh,  ternyata USB juga ada kajian dengan The Strangers hari Sabtu 12 Agustus bada Maghrib.  Tak mau ketinggalan kesempatan emas ini saya atur jadwal agar sampe di Bandung sebelum Maghrib.  Makanya saya pilih pakai Parahyangan jam 12:35 karena lebih predictable dibanding lewat Cipularang yang macet total di Cikarang. 

Alhamdulillah juga ada undangan dari sahabat saya,  mas Adrian Prasanto,  untuk ikut kajian Hadits Qudsi ustadz Khalid Basalamah di Kebayoran baru jam 8:00 sd 10:00. Mantab dah,  saya confirmed aja semuanya. 

Agar semuanya lebih predictable saya putuskan menggunakan sepeda lipat Brompton saja.  Ya! Start dari rumah pagi ini jam 6:35, tepat pukul 7:10 sudah sampe di Kebayoran dan saya istirahat dulu di Masjid Nurul Hidayah,  Jl.  Brawijaya yg letaknya hanya 800 meter dari lokasi kajian. Karena saya diundang mas Pras,  jadinya saya menunggu dia sampai juga.  Setelah keringat kering dan mandi di masjid,  saya terima WA dari mas Pras yg memberi kabar bahwa dia sudah sampai.  Saya meluncur dan sampai lokasi kajian,  sebuah rumah besar dan bagus,  dimana sudah banyak jamaah di situ.  Tepat jam 8:00 ustadz KH-B datang.  Kajian berjalan lancar dan nyaman sekali.  Lihat catatan kajian di artikel lainnya. 

Ternyata,  usai kajian masih dijamu makanan oleh sohibbul bait,  Pak Widi.  Maasya Allah.  Semoga Allah memberkahi beliau dan rumahnya pun barokah karena digunakan sebagai majelis ilmu. 

Sekitar pukul 10:30 saya pamit dan langsung gowes ke Gambir dan mendarat pukul 11:00. Mengeringkan keringat dan kenalan sama Pak Dahlan yang memasang tarif Rp.  25 ribu untuk jasanya mengangkat sepeda saya ke atas kereta.  Deal. Kisah Pak Dahlan juga saya tulis di blog ini. 

Masih sempat shalat Dzuhur di masjid Jami At Tanwir,  Gambir,  sekaligus jamak qashar dengan Ashar. 

Tepat 12:35 keretaku di gerbong Eks 3 no.  4D berangkat menuju Bandung.  Insya Allah semuanya lancar hingga besok.  Aamiin. 

Read Full Post »

Pagi ini tadi saya ke Thamrin City untuk sebuah survei kelayakan usaha.  Cukup lama juga saya berada di Thamrin City (gowes dari rumah)  sejak jam 9:00 sampai dengan 11:20. Saat gowes menuju Graha Mandiri,  tiba-tiba saya merasakan ban belakang seperti mbliyut….  Wah,  cilaka ini pasti kempes.  Benar saja,  dalam hitungan detik sudah flat ban tersebut.  Terpaksa evakuasi dengan mobil dan rencana ke Graha Mandiri urung,  karrna saya Shalat Jumat di Masjid Asy-Syaakiriin di lantai 8.

Kalau sepeda bermasalah memang seding…  Tapiz ya sudah… Qadarullah. 

Read Full Post »

Older Posts »