Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Activity’ Category

Maasya Allah … Melalui secangkir kopi saja kita sudah bisa mengamalkan 4 sunnah dan in syaa Allah mendapatkan pahala dari Allah Ajja wa Jalla. Betapa indahnya agama Allah satu ini …dienul Islam. Pahala ditebar begitu luas di setiap sendi kehidupan kita — tinggal bagaimana kita mau atau tidak mau menjalankannya.

Mosok nggak mau sih? Yuk!

pahala secangkir kopi

Advertisements

Read Full Post »

Maasya Allah …di mukadimah kajian saja udah keren nih nasehat ustadz Zaenal Abidin, apalagi esensi kajiannya! Ya bro dan sist ….kita ini semuanya pendosa karena hanya nabi dan Rasul yang ma’shum. Segeralah bertaubat karena pintu taubat terbuka 24 jam sehari Bro …gak ada jam operasional tertentu karena memang tidak tutup karena Allah Tabaroka wa Taala tak pernah tidur Bro & Sist (QS 2:255). Bersegeralah bertaubat sedangkan CARANYA SESUKAMU, mau sambil tiduran kek, naik motor kek, sedang gowes kek ….asalkan tidak di dalam toilet aja Bro & Sist! Maasya Allah …keren banget nih pak ustadz ye ….
 
Yuk!
Bertaubat segera - Zaenal Abidin 3Jan2019


Read Full Post »

Catatan kajian ustadz dokter Raehanul Bahraen di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Ahad, 30 Desember 2018, Ba’da Ashar – Selesai

img_20190107_143824-225322466.jpg

 

[16:15, 12/30/2018] Gatot Widayanto:

Menjalankan sunnah merupakan tauhid. Beribadah untuk kepentingan dunia. Semua yang dianjurkan Allah dan Rasul-Nya pasti ada manfaatnya sedangkan yang dilarang pasti ada mudharatnya.
Contoh kasus:
Si A – tahu manfaat kesehatan puasa
Si B – tahu bahwa menurut ustadz seorang muslim berpuasa
Maka dikatakan B lebih ikhlas dari A karena ia beramal karena meyakini perintah Allah dan Rasul-Nya, sedangkan si A berpuasa karena faktor kesehatan belaka. Meskipun si B pada awalnya tak mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, namun ia mendapatkan manfaatnya juga kerna ia menjalankannya karena Allah Taala. Demikian halnya shalat malam (misalnya).

Sehat dengan mengamalkan sunnah. Bila ada syariat menunjukkan ada manfaat dunia maka boleh meniatkan. Misalnya hadits tentang silaturahim (keluarga, ada hubungan rahim | kalau ke temen namanya ziaroh). Manfaat silaturahim adalah dilapangkan rezkinya dipanjangkan umurnya. Asal niat utamanya adalah ibadah, dunia hanya bonus, boleh. Naik haji sambil dagang juga boleh. Asalkan tujuan utamanya haji, untung rugi gak penting.  Kalau mau untung, jual rokok karena pasti untung besar di tanah suci. Masalahnya, ini haram.

Penelitian manfaat puasa atau shalat boleh dengan syarat:

1.) harus jelas akidah dasarnya
2.) hikmah tsb harus sesuai, dengan ilmu yg valid, jangan yg salah justru jadi boomerang.
Contoh:
Keajaiban sujud, ada pembuluh darah di otak diairi. Hanya ketika sujud.
Maasya Allah.  Di otak ada pembuluh darah yg tak diairi namanya stroke. Inilah yg ilmunya tidak valid.
Minum yang panas. Kalau ditiup jadi racun, tidak valid ilmunya. Kembali ke pendapat ulama mengapa minuman panas tidak boleh ditiup: intinya jangan sampai kotor karena mulut kita ada kotoran. Tak perlu pakai ilmu lainnya.

Hadits terkait matikan lampu api menyala saat kalian sedang tidur; jangan biarkan. Sunnah tidur gelap. Secara medis dijelaskan panjang lebar. Padahal penjelasan ulama adalah takut kalau ada kebakaran. Lampu tak bisa dikhiaskan dengan api. Tidak ada sunnah gelap saat tidur. Tidur tak harus gelap tapi perlu redup saja.

Kalau ada ayat Quran, baca tafsir ulama jangan utak atik sendiri. Misal berobat atau ruqyah dengan hujan. Gak ada nash nya.
Ada yg membawa dalil, agar tenang, memenangkan gangguan setan.
Perang Badar, saat malam dibuat Allah tenang agar istirahat. Allah buat ngantuk agar besok perang segar. Jangan nambah2 sendiri

3.) kita fokuskan pada nash nya, bukan manfaatnya buat kesehatan. Jangan diobral

4.) boleh disebarkan untuk dakwah bagi yg imannya lemah dan kafir.

Para ulama banyak menguraikan manfaatnya menjalankan sunnah terutama Ibnul Qayyim:

1. Sunnah terkait Makan
Imam Nawawi: makan buah dulu baru makanan yang besar (nasi, daging dsb)
Firman Allah: buah, burung. Semoga keberkahan dengan menjalankan sunnah.
Secara kesehatan memang buah dulu. Vitamin dan saripati buah tak terserap dengan sempurna. Dilarang makan terlalu kenyang. Ada hadits. Wadah paling buruk yaitu perut. Menegakkan tulang sulbinya.
Makanan – minuman – nafasnya
Tidak makan kecuali lapar
Kekenyangan membuat hati keras
Hilang kecerdasan, ngantuk
Sesekali kekenyangan boleh (fiqih).
Kenyang itu makhruh bahkan ada yg mengharamkannya
Abu Hurairah miskin
Makanan sumber penyakit

Ada di Quran: “Makanlah kalian tapi jangan berlebihan” (Kullu wastrafu….). Gula tinggi
Apalagi minuman siap saji, gulanya tinggi. Kita ini kurang gerak, biasakan ke mesjid jalan kaki

Ibnu Hajar Asqalani: Kita makan sesuai apa yang kita makan, sesuai makanan kaumnya.

Hadits nabi | Nabi sedang keluar Madinah, dihidangi makanan dho (biawak padang pasir). Makanannya tumbuhan dan jinak. Halal tapi tak biasa di kaum nya Nabi, sehingga Nabi tidak menyantapnya. Biawak Indonesia haram krn buas dan makannya ayam kampung.  Makanan yang biasa dimakan. Ginseng Korea. Di Korea udah biasa. Di Indonesia aneh. Di Indonesia makan nasi, ya nasi, jangan memaksa nasi kebuli. Gemuk kita ini karena kurang gerak, jangan takut makan: jogging, gowez

Pusing, nyut2an makan nasi, sembuh. Penjelasan ulama. Makanlah sesuai dengan apa yang biasa kalian makan.

2. ) Sunnah terkait Minum

Minum pelan2, 3x teguk. Jangan minum langsung dari teko. Kenapa?
1.) dikhawatirkan ada binatang
2.) ada air yg jatuh
3.) nempel liur kita di situ
Dari botol air mineral gak masalah karena jernih, kita bisa melihatnya.
Makanya baca penjelasan ulama

3.) Tidur
Sunnah dianjurkan tidur menghadap ke kanan. Ibnul Qayyin “Zadul Maad”: Karena jantung di rongga sebelah kiri sehingga kalau ke kanan, tekanan thd jantung berkurang, jantung lebih rileks. Mudah bangun shalat malam.
Ibu hamil bagaimana? Dokter kandungan menganjurkan ke kiri.
Miring ke kiri:
1. Mubah
2. Makruh
Makruh bila ada hajat, menjadi mubah

Qayyim: ada manfaatnya juga miring ke kiri, jantung bekerja keras.
Jauzi: lebih baik dikombinasikan.

Larangan tengkurap. Ada haditsnya orang tidur di masjid tengkurap. Cara tidur ahli neraka. Makruh hukumnya.
Qayyim: secara kesehatan tidak bagus.

Ilmu Pengetahuan bukan dalil tapi menguatkan ilmu syariat.

——————————————–
Tanya Jawab

1.) Mencabut bulu ketiak dan bulu kemaluan apa boleh di klinik?
Gak usah ke klinik.  Bulu ketiak dicabut bukan dicukur. Dicabut setelah mandi. Tak lebih 40 hari, kemaluan dicukur.

2.) Boleh pakai kawat gigi agar terlihat menarik buat suami?
Ada larangan khusus: wanita yg otak atik gigi shgg menjadi renggang utk kecantikan.
Jaman dulu yg giginya renggang lebih muda dan cantik.
Untuk tujuan kecantikan tidak boleh tapi buat kesehatan boleh.
Untuk pengobatan boleh.
Jaman nabi ada sahabat hidungnya bolong, boleh pake emas.

3.) mencabut ventilator bagi yg kesehatannya tak kunjung membaik (ICU) – apa hukumnya?
Euthanasia.
1. Aktif, menghilangkan nyawa pasien. Karena tak ada harapan. Di luar negeri legal. Belajar jangan menghafal terus tapi belajar melupakan. Dibius terus mati. Boleh di LN. Di Indonesia alhamdulillah tak boleh.

2. Pasif. Pasiennya sdh lama di ruang ICU. Ventilator sekedar menyambung nyawa. Kalau masih ada harapan hidup, gak boleh dilepas. Apabila pasien telah mati batang otak, dalam ilmu kedokteran sdh mati, boleh dicabut ventilator.
Pertimbangan keluarga karena biaya mahal
Bersegera dalam penyekenggaraan jenazah
Dokter yang tahu hal ini. Ini tidak berarti membunuh.
Secara kedokteran juga boleh, bahkan para ulama juga membokehkan krn jangan kau tinggalkan ahli waris dalam kemiskinan.

4. Bagaimana dengan air yg telah dibacakan doa (ruqyah).
Ulama membolehkan
Yg tidak boleh: dikemas dan dijual.

Ruqyah (ibnu hajar asqalani)

1. Quran dan sunnah
2.
3. doa, yg nebyembuhkan Allah
5. Syamail Muhammadiyah: postur Nabi
1. Perbuatan nabi dlm ibadah
2. Perbuatan jibiliyah, makan minum dsb
3. Perbuatan yg mencocoki kaumnya. Pakaiannya begini krn memang begitu. Gamis bukan sunnah. Yg sunnah nutup aurat
4. Perbiatan khusus nabi (boleh nikah lebih dari 4).

Dada beliau bidang
Tegap
Jalan cepat
Ada cap kenabian
Ngomong tak terlalu cepat
Tegas

Walaupun bukan sunnah tapi karena cinta Nabi, berpahala

6. Cara menaikkan berat badan secara syariat, saya tidak tahu.
Secara kesehatan: tambah masa otot.
Telur 4 biji. Bagus hanya 10 ribu. Snack mahal tapi kurang. Telur saja bagus

Read Full Post »

Road 2 Jannah kajian ke #23 diselenggarakan bekerjasama dengan Majelis Taklim KHANSA Indonesia hari Sabtu kemarin di Jl. Dharmawangsa Raya no. 6 … Ini ringkasan catatannya. Semoga bermanfaat ….

R2J #23 USB - Ibumu Ibumu Ibumu Ayahmu 15Dec2018

Read Full Post »

Ringkasan catatan kajian sunnah Ustadz Subhan Bawazier di Hotel Tanjung Surabaya, hari Ahad pagi (07:00 – 09:00).

USB Sby - Bersaing di Dunia 2Dec2018

Read Full Post »

Ringkasan catatan kajian sunnah Ustadz Subhan Bawazier di Vanilla Hijab Surabaya – Jl. Jemursari 189A, hari Sabtu pagi.

USB Sby - Pulanglah 1Dec2018

Read Full Post »

Masjid Nurul Iman

Tazkiyatun Nafs, ustadz Cecep

Setiap memaafkan, Allah menambahkan kemuliaan kita, apalagi sebelum orang yang salah meminta maaf.
Rasul tak pernah dendam, mudah memaafkan.

Syaikh Utsaimin: Tidak setiap kedholiman dimaafkan. Kalau dimaafkan semakin baik, sebaiknya dimaafkan.
Tapi kalau dimaafkan malah menjadi-jadi, maka harus dipermasalahkan, dinasehati.

Contoh:
Suami yang KDRT, tak bisa dinasehati. Jangan dibiarkan, kasus harus diangkat kepada aparat. Kita harus menolong dia dengan menahannya agar tak berbuat dholim. Kalau kita maafkan justru salah, karena dia akan berbuat dholim terus.

Bagaimana mengobati hati?

1. Banyak belajar, termasuk tazkiyatun nafs
Lemah lembut sama temen
Hijrah dalam arti sebenarnya
2. Bergaul dengan orang2 sabar dan soleh
3. Banyak berdoa

Menarik selendang Nabi hingga leher beliau merah, Nabi memaafkan. Meskipun ini tergolong penistaan. Nabi harus dimuliakan bahkan pada saat bicara dengan beliau suara kita rendahkan. Yg menarik selendang adalah orang Baduy yg biasanya kasar.
Yg dihina adalah pribadi Nabi bukan agama Allah. Makanya Nabi memaafkan.

Allah maha pengampun. Kenapa kita tak bisa memaafkan orang lain? Selesai sudah. Anggap aja yg berbuat salah tsb jahil. Sibukkan diri dengan hal2 bermanfaat.

16 Rabiul Awal 1440H
24 Nov 2018

GW

Read Full Post »

Older Posts »