Feeds:
Posts
Comments

Archive for August, 2017

Dari WA Group:

🕌 AMALAN RINGAN BERPAHALA BESAR DI BULAN DZULHIJJAH
✅ Allah ta’ala berfirman,
وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ
🌴 “Dan hendaklah mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah dimaklumi tersebut.” [Al-Hajj: 28]
✅ Allah ta’ala juga berfirman,
وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ
🌴 “Dan berdzikirlah dengan menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan.” [Al-Baqoroh: 203]
✅ Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah menyebutkan dalam Shahih beliau,
وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ وَالأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ
🌴 “Dan berkata Ibnu ‘Abbas, Berdzikirlah kepada Allah pada hari-hari yang telah dimaklumi maksudnya adalah pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, sedangkan hari-hari yang sudah ditentukan adalah hari-hari tasyriq (penyembelihan).”
✅ Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللهِ وَلاَ أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ الْعَشْرِ ، فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنَ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ
🌴 “Tidaklah ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih yang lebih dicintai Allah ta’ala daripada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, maka perbanyaklah ucapan tahlil, takbir dan tahmid.” [HR. Ahmad no. 6154 dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Syu’aib Al-Anauth]
Penjelasan di atas menunjukkan bahwa jumlah hari yang disunnahkan untuk memperbanyak dzikir adalah sebanyak 13 hari, yaitu 10 hari awal Dzulhijjah dan 3 hari Tasyriq.
📝 BEBERAPA KETENTUAN DALAM BERTAKBIR
Terdapat dalil secara khusus untuk memperbanyak takbir dan mengeraskannya (bagi laki-laki, adapun bagi wanita hendaklah dipelankan suaranya), baik di masjid, di rumah maupun di tempat umum.
✅ Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah dalam Shahih beliau,
وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِي أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبِّرَانِ وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيرِهِمَا وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ خَلْفَ النَّافِلَةِ
🌴 “Dahulu Ibnu Umar dan Abu Hurairah keluar menuju pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah dalam keadaan bertakbir dan orang-orang juga ikut bertakbir, dan Muhammad bin Ali bertakbir setelah sholat sunnah.”
📝 TAKBIR MUTHLAQ DAN MUQOYYAD
Ulama menjelaskan bahwa takbir di sini ada dua bentuk:
1. Takbir muthlaq, yaitu takbir yang dibaca kapan saja tanpa terikat waktu sholat, dimulai sejak awal Dzulhijjah sampai akhir hari Tasyriq (1-13 Dzulhijjah)
2. Takbir muqoyyad, yaitu takbir yang terkait dengan waktu sholat, dibaca setiap selesai sholat lima waktu, dimulai sejak shubuh hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) sampai akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah)
Hal ini disyari’atkan berdasarkan ijma’ dan perbuatan sahabat radhiyallahu’anhum [Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 8/312 no. 10777]
Takbir ini disyari’atkan bagi selain jama’ah haji. Adapun bagi jama’ah haji disunnahkan untuk memperbanyak ucapan talbiyah sampai melempar jamrah ‘aqobah pada tanggal 10 Dzulhijjah, barulah dibolehkan bertakbir, dan boleh mulai bertakbir sejak lemparan pertama pada jamrah ‘aqobah tersebut sampai akhir hari tasyriq.
Dan boleh juga bagi jama’ah haji untuk menggabungkan antara takbir dan talbiyah, yakni terkadang membaca takbir dan terkadang membaca talbiyah, namun yang afdhal bagi yang sedang ihram untuk mengucapkan talbiyah, sedang bagi yang tidak ihram untuk bertakbir.
Dan takbir ini dibaca sendiri-sendiri, adapun membacanya secara berjama’ah dengan satu suara atau dipimpin oleh seseorang maka termasuk perbuatan bid’ah, mengada-ada dalam agama [Lihat Majmu’ Fatawa Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah, 13/19]
Apalagi sampai mengadakan konvoi di jalanan yang dapat mengganggu ketertiban umum, kemacetan jalan dan terjadi berbagai macam kemaksiatan seperti ikhtilat (campur baur antara laki-laki dan wanita), meneriakkan takbir diiringi alat-alat musik (padahal musik itu sendiri diharamkan dalam Islam) dan berbagai kemungkaran lainnya yang biasa terjadi pada malam dan siang hari raya.
Adapun lafaz takbir diantaranya adalah seperti yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu, beliau membaca takbir pada hari-hari tasyriq,
الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله، والله أكبر، الله أكبر، ولله الحمد
“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illaLlah, waLlahu Akbar, Allahu Akbar, wa liLlahil hamd” (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar, dan segala puji hanya bagi Allah).” [HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf-nya no. 5697, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa no. 654 dan beliau mendha’ifkan hadits Jabir radhiyallahu’anhu dengan lafaz yang sama]
Dan beberapa lafaz lain yang diriwayatkan dari para sahabat dan tabi’in, namun tidak ada dalil adanya lafaz khusus dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam sehingga dalam perkara ini terdapat keluasan [Lihat Asy-Syarhul Mumti’, Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah, 5/169-171]
Oleh Ustadz Sofyan Chalid Idham Ruray Hafizhahullah

Sumber: http://sofyanruray.info/download-audio-teks-khutbah-jumat-amalan-amalan-bulan-dzulhijjah-dan-keutamaannya/

Read Full Post »

Persiapan Berqurban

Catatan Kajian Bada Dzuhur di Mushalla B2, Graha Surveyor Indonesia,  22 Agustus 2017 oleh Ustadz Ahmad Rusdi

Imam Abu Hanifah: qurban hukumnya wajib. Imam lainnya: sunnah muakadah
Mengapa Abu Hanifah mewajibkan?  Adanya hadits yang redaksinya memuat: Haram mendekati masjid bagi mereka yang mampu berqurban tapi tak melakukannya.

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berqurban namun dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hakim)

Hukum yang berlaku untuk Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam beda dengan umatnya. Misalnya, untuk Rasul: wajib shalat witir,  Dhuha,  berqurban. Kalau untuk umatnya sunnah. Kalau gak mampu berqurban ya gak wajib. Memotong rambut dan kuku hukumnya makruh bukan haram. Shalat berjamaah hukumnya sunnah muakadah bukan wajib, artinya kalau terpaksa shalat sendiri, tetap sah sholatnya.

Memahami fiqih jangan tekstual,  musti ada takwil. Berat timbangan bukan berarti berat badan. Jangan terlalu kaku. Belakangan ini viral memotong kuku dan rambut hukumnya haram — membuat resah.

Berqurban minimal sekali dalam seumur hidup. Sunnah kifayah,  bila ada seorang berkurban maka gugurlah kesunnahannya bagi lainnya (anak, istri). Kalau ada non muslim qurban,  namanya sumbangan,  sama dengan menyumbang uang buat masjid. Yg sudah meninggal dunia, bila berwasiat boleh berqurban. Berqurban, pahala boleh untuk yg udah wafat. Namun, tak ada sedekah dosa.

Dalam pemotongan hewan qurban tidak boleh terjadi transaksi, misalnya penjagal diberi kulit nya sebagai upah menjagal. Ini harus hati-hati karena si penyumbang mengamanahkan hewan qurban namun malah ada bagian dari tubuh hewan diperjual-belikan. Bisa jadi untuk meringankan beban biaya potong yang dibebankan kepada panitia, diberi kulit atau kepala hewan qurban. Ini tidak diperbolehkan karena bisa membatalkan qurban dari pengqurban. Harus hati-hati.

Bagi yang mampu memang dianjurkan untuk berqurban. Jangan menggunakan perhitungan yang matematis — Allah Maha Tahu dan insya Allah diberi keberkahan oleh Allah.

Allahu’alam


Selama kajian ustadz juga membawakan syair berbahasa Arab yang menurut beliau bagus dan maknanya:

Saat berlimang emas (kaya raya) banyak teman,  ketika bangkrut ditinggalkan teman. 
Kita berhitung terlalu matematis.

Read Full Post »

Catatan Kajian Road 2 Jannah ke 4 oleh Ustadz Subhan Bawazier di Fri3nds.Co Cafe, Jl. Bulungan 1, Blok M Plaza, 20 Agustus 2017 jam 9:00 – 11:00.

Mari kita hidup di atas sunnah. Yang perlu kita lakukan adalah INDONESIA BERTAUHID. Untuk ikhwan pakaian bebas asal tidak isbal sedangkan untuk akhwat sifatnya menolak bukan menarik — menutup aurat. Mengapa? Karena Allah berfirman “Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKU”.

Untuk itulah kita harus ridho dipanggil Allah. Kita gak bisa pilih takdir misalnya jadi cucu Daud, anak Sulaiman yang kaya raya.

Kalau kita bertauhid, itu jelas sebuah kemuliaan. Semuanya ada sebab-akibatnya. Pokoknya Relain Aja Bro — serahkan kepada Allah. Apalagi nih, udah dekat sama bulan Dzulhijjah. Ya, paling tidak lakukan Puasa Arofah lah. Kita harus tunjukkan harga diri sebagai riders, seperti shabat menajamkan pedang.

Islam harus mewarnai bukan diwarnai. Islam ini agama yang asik bro. Siapa yang bilang? Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena kita diciptakan untuk beribadah, syaratnya cumak dua saja: ikhlas dan mencontoh Rasul. Itu aja Bro! Inna sholati wa nusuki wa mah ya ya …. Shalatku — sembelihanku.

Intinya taat aja: taat kepada Allah, Rasul dan taat kepada pemimpin. Udah, gak usah bikin heboh. Nah, untuk berqurban, kita harus tegakkan dulu tauhid uluhiyahnya. Mau berqurban tapi gak sholat, ya percuma, seperti kafir berqurban — ya gak diterima. Puncak ibadah adalah jihad. Namun bagaimana bisa mencapai puncak kalau lehernya (shalat, zakat, puasa) tak kuat didaki? Makanya kerjakan dulu yang dasar dulu. Jihad akan datang dengan sendirinya, tak sekedar tereak jihad, jihad.

Ayo kita gunakan samurai alias tukang jagal syarii. Tajamkan pedang agar qurban tak menderita saat disembelih. Sama hewan aja Islam mengajarkan sopan santun — maasya Allah islam. Kisah terdahulu tentang peperangan dimana kapal di laut sengaja dibakar untuk menyemangati pasukan: “Kalau kalian lari ke belakang kapal sudah terbakar, di depan ada musuh — mundur atau maju? Maju!!!!”

Caranya bagaimana? Kenali Allah, kenali Nabi dan kenali Islam. Islam mengajarkan kualitas bukan kuantitas. Katakan bahwa Tuhanmu Allah dan memohon istiqomah. Sudah. Jangan selalu ikuti omongan orang — ingat kisah seorang Ayah dengan anaknya bermaksud ke pasar ingin menjual kudanya. Sepanjang perjalanan selalu saja dicemooh oleh orang, apapun yang mereka lakukan.

Modal ilmu. Ikhlas. Ada yang tanya, bagaimana menghadapi suami yang tak jujur. Lihat dulu sebabnya apa kok bisa tak jujur, karena bisa jadi kalau jujur malah bermasalah karena diomelin istri. Pilihannya adalah bagaimana kalau kita kaya bersyukur dan bila miskin bersabar. Nanti di surga lebih cepet 40 tahun mereka yang miskin bersabar daripada yang kaya masuk surga.

Kalau mau tajir ya ala Utsman bin Affan yang rekening bank nya masih berjalan hingga kini dari 1400 tahun yang lalu. Maasya Allah. Apa prinsip bisnis Utsman?
1. Gampang dalam berjual-beli
2. Segala sesuatunya lihat manfaatnya. Saat orang butuh dana, ia pinjami. Saat sulit ditagih karena memang kesulitan hidupnya, direlakan. Suatu ketika bangkit, pas dikembaliin lagi uangnya Utsman bilang: “Udah saya relain untuk antum”.
3. Keberkahan
4. Menikah karena ingin memuliakan wanita meski usia terpaut 50 tahun.

Untuk berqurban harus tahu ilmunya. Hewan kurban harus dilihat dulu kesiapannya apakah semua giginya udah tumbuh kumplit dan kokoh (kupak). Untuk kambing usia 12 bulan; tapi kalau gibas 24 bulan — giginya sudah kupak. Sapi terbaik di dunia ini sebenarnya dari Indonesia, tepatnya Bali dan Lombok. Kalau berqurban, jangan lupa bagi tetangga meski non muslim sekalipun. Aturannya begitu.

Berqurban lah pada saat mampu dengan qurban yang banyak. Rasul berqurban 100 onta. Namun saat tak ada, beliau berqurban satu saja namun gagah ontanya. Jadi, jangan hanya berqurban yang seminim mungkin. Orang mati (almarhum) sudah tak bisa berqurban lagi. Relakan “Hanya untuk Allah”. Negeri kita sudah merdeka dan tolong jangan sampai dihilangkan atau dilupakan bahwa kita merdeka karena rahmat Allah — jangan sampai dilupakan ini, penting sekali! Musuh kita sekarang ini PKI.

Wallahua’lam

Read Full Post »

Read Full Post »

Catatan Kajian oleh Ustadz Mizan Qudsyiah,  Lc di Masjid Nurul Iman,  Blok M Square, Sabtu 19 Agustus 2017 jam 13:00 – Ashar.

Lima (5) Keistimewaan Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam:
1. Diberi rasa takut pada musuhnya, sebelum berperang melawan Rasulullah
2. Bumi sebagai alat bersuci dan tempat shalat
3. Ucapannya singkat bermakna padat
4. Halal harta rampasan perang
5. Diutus utk seluruh umat

Kalau ditimpa musibah: Innalillahi…. kumplit dengan Allohumma (Muslim)

Musibah adalah suatu hal yang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan tidak pula bisa dihindari jika Allah Swt sudah berkehendak, Karena melalui musibah Allah Swt menguji umat islam dari kesabaran mereka, Melalui musibah Allah Swt memberi cobaan, Dan melalui musibah Allah Swt memberikan siksaan, Dan dalam tema atau pembahasan kali ini saya akan membagikan DOA TERKENA MUSIBAH Lengkap dengan arab latin dan artinya, Baik itu musibah yang di alami oleh diri sendiri maupun ketika melihat orang lain yang terkena musibah, Berikut Doanya dibawah ini…
Berikut Doanya

“Bismillaahirrahmaanirrahiim”
“Innaalillaahi wainnaailaihi roji’uun, Allaahumma jurnii mimmushiibatii wakhluflii khoiromminhaa”

Artinya :
Sesungguhnya kami milik allah dan kepadanya kami akan kembali, ya allah, Berikanlah aku ketabahan dalam menghadapi musibah ini dan gantilah dengan yang lebih bagus dari padanya.”

Kisah Ummu Salamah

Abu Salamah meninggal,  kemudian Rasul menasehati agar berdoa, bermunajat kepada Allah agar diberi yang lebih baik. Dipinang Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah melaknat yg bertato,  mentato dan yg minta ditato,  mencabut bulu di wajah, meregangkan gigi utk kecantikan.
Setelah hijrah,  minta ke Allah agar istiqomah
Dulu pemain musik,  kalau meninggalkan karena Allah pasti diganti oleh Allah yg lebih baik

Riyadhus Shalihin – Tentang Al Ghulam – Ashbul Ukhdud

Anak kecil cerdas,  pintar,  belajar pada tukang sihir dan juga rahib
Orang yg mau memanah didakwahi dg Bismillah…. Akhirnya bersyahadat.

Jangan ragu ketika jalur itu benar. Ihdinas shirathal mustaqim.
Siwak setan (rokok)

Mukjizat bayi bisa bicara hanya terjadi pada tiga bayi:

1. Isa ibn Maryam: Aku ini hamba Allah yg diberi ahlul kitab
2. Kisah Juraij yg dituduh berzina dengan wanita pezina yg hamil. Kisah seorang pezina yang hamil dan menuduh ahli ibadah (Juraij) sebagai yang bertanggung jawab. Ahli ibadah tak terima dan minta si bayi bicara: “Hai bayi,  siapa sebenarnya bapakmu? ” – bayi menjawab bahwa ayahnya penggembala kambing. Kisah ini adalah kisah Bani Israil (nabi Yakub). Bani Israil keturunan nabi Israil (nabi Yakub) . Gak boleh melaknat Israel,  sebut yahudi atau zionist. Juraij yang tadinya dituduh oleh Bani israil, kemudian justru dipuji.
3. Bayi yg didoakan agar seperti penunggang kuda,  tiba2 bicara dan dia berdoa tak mau dijadilan seperti penunggang kuda.

Akhirat itu lebih baik dan kekal abadi. Harus ikhlas krn allah. Banyak tanah longsor karena meninggalkan sesuatu krn Allah. Meninggalkan rokok krn Allah.

Taubat syaratnya:
1. Menyesal
2. Cabut diri
3. Jangan bertekad mengulangi
4. Ikhlas
Semuanya itu agar awet dan tak mengulangi maksiat ;agi.

Melakukan sesuatu karena Allah. Meninggalkan sesuatu karena Allah>

Ada 3 orang pasti dibantu oleh Allah
1. Orang berjihad di jalan Allah
2. Budak yg ingin membebaskan dirinya
3. Menikah untuk menjaga kesucian
Ya Allah beri aku pahala dari musibah ini

Jangan meninggalkan maksiat karena penyakit,  atau pernah kena batunya. Apapun yg diperintahkan oleh Allah pasti mendatangkan kebaikan. Orang bahagia itu mengambil orang lain sebagai pembelajaran bukan diri sendiri yg mengalami.

Ada 3 hal merupakan tanda-tanda keimanan seseoramg:
1. Allah dan RasulNya lebih kita cintai dari segalanya
2. Kita cinta pada seseorang karena Allah,  kembali jalan Allah
3. Benci kembali kpd kekafiran seperti kita benci pada api neraka
Tak ada yh mau dilemparkan ke api neraka.

Nabi mengatakan kpd Muadz bin Jabbal: Aku mencintaimu. Jangan kau tinggalkan di penghujung shalatmu: Allahumma a’ini ala dzikrika….

Cinta sungguh2 dlm berdoa

Tanya Jawab

1. Jin Ifri adalah jin yang paling jin
2. Masih teringat pacar lama,  perlu mujahadah.
3. Membentuk badan agar berotot gak maslah.  Yg gak boleh adalah pake operasi.
4. Ingin hijrah tapi suami tak mendukung.
1. Tampakkan akhlak yang Islami
2. Mohon hidayah dari Allah
3. Tidak bosan mengajak.  Nabi Nuh dakwah 950 tahun

5. Takut melamar

6. Dosa meninggalkan shalat di masa lalu. Taubat!

 7. Mualaf

Bagaimana agar iistiqomah? Al Ankabut 72 . Minta istiqmah ke Allah. Bergaul dengan yg baik

8. Mendoakan orang tua kafir agar mendapat hidayah

9. Bekerja di kantor yg wajib potong jenggot. Tinggalkan karenA Allah.

10. Ibu berjilbab bekerja di resto yg menjual wine 100% padahal single parent dari 2 anak. Sbaiknya dihindari pekerjaan tersebut.

:

Read Full Post »

Read Full Post »

Read Full Post »

Older Posts »