Feeds:
Posts
Comments

Archive for October, 2009

Ini adalah email yg saya terima dari ibu Ismiradani Setiawan yg rajin menulis hal-hal positif. Layak untuk disebarkan:

ismillahirrahmaaanirrahiim Subhaanallah                 Subhaanallah                 Subhaanallah Berusaha memenuhi masukan orang tua, agar dibuatkan acara kajian untuk remaja merupakan semangat yang tidak pernah surut. Bekerja sama dengan bunda Fiera dan keluarga besar beliau, merupakan salah satu jalan yang dilapangkan Allah SWT, juga peran serta bunda Devi yang selalu setia, kajian bulanan untuk remaja dan orang tua masih bisa dilaksanakan. Kajian buka puasa yang lalu, rencananya mas Gaw yang akan berbagi ilmu, namun beberapa hari sebelumnya mengirim sms, agar mencari cadangan, khawatir kalau belum bisa meninggalkan daerah gempa di Tasikmalaya, Alhamdulillah ada ustadz Fadzlan dari Papua, suatu anugerah Allah SWT, dan isi kajian sudah dibagikan dengan judul: ku ku ru yuuk – ayam. Kajian bulan ini, Alhamdulillah bisa menghadirkan mas Agus Haryo, seorang geolog lulusan Universitas Trisakti Jakarta. Nama lengkap beliau Ir Agus Haryo Sudarmojo. Sengaja menghadirkan beliau karena bersamaan dengan musibah gempa yang terjadi di Tasikmalaya dan Sumatera Barat, belum lagi isu kejadian apalah di tahun 2012, Astaghfirullah. Diperlukan ilmu yang memadai untuk memahamkan semua kejadian ini, belum lagi ada beberapa sms yang beredar mengenai jam kejadian gempa di Sumbar dengan ayat dalam al Qur’an, hal ini tidak salah, hanya perlu penjelasan, agar tidak membuat salah persepsi. Alhamdulillah, semua alat pendukung seperti LCD, layar dan speaker sudah siap, laptop mas Haryo juga sudah plug in. Jamaah satu per satu hadir memenuhi ruangan. Kajian dimulai jam 10.15, mas Haryo membuka dengan ayat al Qur’an surat 103 ayat 1-3, bahwa manusia harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar tidak merugi. Mas Haryo selalu menekankan bahwa jangan pernah mundur ketika berbagi ilmu, terus saja walau yang mendengarkan cuma 1 orang, itulah ijin Allah SWT, memang hanya satu orang saja, yang lain bisa saja berhalangan, atau tertidur saat mendengarkan kajian. Mas Haryo juga pernah berbagi ilmu diacara reuni, tidak ada satupun yang mendengarkan, karena sibuk kangen-kangenan, tapi setelah selesai acara, ada seorang ibu yang mendengarkan kajian dengan seksama. Alhamdulillah masih ada yang menyimak. Demikianlah semua kejadian sudah diatur oleh Allah SWT, tidak perlu kecewa. Ada ilmu yang menarik dari mas Haryo yang sudah pernah disampaikan di kajian yang lalu. Diperumpamakan, ketika kita nonton film di twenty one, sesuai peraturan bahwa tiket yang sudah dibeli hari ini tidak bisa untuk nonton besok, tiket hari inipun sudah dibeli sesuai jam yang diinginkan. Perlu diperhatikan ketika membeli tiket, petugas yang melayani tiket, sebelum mencetak tiket, pasti mengkonfirmasikan sekali lagi, judul film yang ditonton, jumlah tiket yang dibeli, nomor tempat duduk, jadi dengan tiket yang sudah dikonfirmasikan, diperbolehkan masuk oleh petugas yang menjaga pintu masuk.Demikian juga dengan kitab suci yang harus menjadi pegangan, Allah telah menurunkan kitab Zabur dijaman Nabi Daud, kitab Taurat dijaman Nabi Ibrahim, kitab Injil dijaman Nabi Isa, dan al Qur’an dijaman Nabi Muhammad. Maka setiap hamba Allah SWT wajib menjadikan al Qur’an sebagai petunjuk, kitab rujukan untuk menuntun dalam kehidupan, dan itulah yang berlaku, karena ayat dalam al Qur’an telah dilengkapi dari kitab sebelumnya. Dan hingga hari kiamat, Allah akan tetap menjaga al Qur’an: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar benar memeliharanya. (QS 15: Al Hijr ayat 9) Dalam kajian kali ini, dipaparkan dalam slide penjelasan mengenai langit dan bumi dengan sumber yang ilmiah. Letak geografis Indonesia yang rawan gempa dan tidak bisa dihindari. Diibaratkan lagi, kalau manusia tidak bersendawa dan buang gas, apa yang akan terjadi? Demikian dengan bumi, ternyata bumi juga bersendawa dengan peristiwa seperti gempa, gunung meletus atau tsunami. Hal ini sudah diatur sangat sempurna oleh Allah SWT untuk menciptakan sebuah tekanan 1.37 juta atmosfer dalam inti bumi dan mempertahankan temperaturnya setinggi 3700 derajat Celcius. Kondisi tersebut sangat dibutuhkan agar planet ini dapat mendukung kehadiran sebuah kehidupan dengan harmonis. Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya tidak lenyap, dan sungguh jika keduanya lenyap, tidak ada seorang pun yang dapat menahannya selain Dia. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (QS 35: Faathir ayat 41) Dan beberapa hari ini, setelah gempa di Sumbar, beredar sms yang berisi QS 17 ayat 16, QS 17 ayat 58, QS 8 ayat 52, hal ini tidak salah, namun sesungguhnya ketika menyebarkan sms harus dilakukan dengan cermat, jangan sampai sms membuat terpuruk para korban, karena Allah SWT sesungguhnya Maha Pengasih dan Penyayang. Kejadian gempa memang merupakan proses untuk menyeimbangkan kehidupan di planet bumi, dan sekali lagi Allah Yang Maha Mengatur. Karena disaat kejadian gempa di Sumbar, 30 September 2009, banyak hamba Allah SWT yang sedang melakukan kebaikan, seperti shalat, mengaji, belajar di rumah, belajar di sekolah, belajar di kampus, belajar di tempat les, dan lain sebagainya, dan siapa yang meninggal karena bencana alam dalam keadaan baik, Insya Allah husnul khaatimah karena bisa dikatagorikan meninggal syahid, Amiin. Dan di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dengan berada di tepi; maka jika ia memperolah kebaijikan, tetaplah ia dalam keadaan itu, dan jika ia ditimpa oleh suatu bencana, berbaliklah ia ke belakang. Rugilah ia di dunia dan di akhirat. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (QS 22: Al Hajj ayat 11) Dalam kajian 11 Oktober, ada seorang ibu yang hadir bersama 2 putri dan 1 putranya, padahal 12 Oktober, putrinya akan mengikuti MidTest, karena niat untuk menggapai ilmu Allah, semoga putrinya dapat menyelesaikan soal-soal dalam MidTest dengan baik, Amiin, mengirimkan sms ke bunda Fiera:       Kemarin bagus banget, aku jadi tau bencana alam secara agama maupun secara ilmu pengetahuan. Walaupun sebelumnya tau-tau dikit dari sudut agama. Mbak, Gita dan Ica kemarin Alhamdulilah dengerin full. Fier, thank you banget ya. Aku tunggu yang berikutnya. Juga ada komentar dari teman kantor, kalau bisa mengundang narasumber untuk teman-teman yang lain agar memahami secara ilmu pengetahuan dan agama sudah barang tentu. Subhaanallah. Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu? (QS 41: Fushishilat ayat 53)       dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya al Qur’an itulah yang hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus. (QD 22: Al Hajj ayat 54) Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan ijin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya. (QS 10: Yunus ayat 100) Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan acara kajian ini dari bunda Devi, bunda Nunik, bunda Ganeswari, bunda Yati Legowo dan seluruh jamaah yang hadir. Dan dana yang terkumpul, akan digunakan untuk kajian berikutnya, Insya Allah (waktunya akan diatur), mas Haryo akan berbagi mengenai AIR. Untuk memahami kajian secara ilmu pengetahuan, silakan membaca buku pertama mas Ir Agus Haryo Sudarmojo yang berjudul: MENYIBAK RAHASIA SAINS BUMI DALAM AL QUR’AN, dan bisa didapat di toko buku. Alhamdulillah, hasil royalti dari buku ini akan diinfakkan. Selamat menjelajahi ilmu alam semesta yang sangat luas dan sungguh dahsyat.

Advertisements

Read Full Post »

Renungan dari Status FB

Vedy Virnata:
They took your precious Masjidil Aqso by using guns, boms, etc.. They took your precious time by using Facebook, Twitter, etc. Soon or later they will take your precious life by using their evil brains.. Beware! The greedy slaves are walking through your faith!

Status FB dari salah satu temen saya di atas perlu direnungkan dengan baik.

Semoga kita selalu mendapat perlindungan dari Allah swt. Amin.

Wass,
G

Read Full Post »

Pentingya Tauhid

Assalamualaikum wr wb.

Majalah Tarbawi edisi 22 Oktober 2009 mengangkat isu tauhid yang mengingatkan bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk yang sangat lemah. Segala sesuatu hanya Allah swt yang maha kuasa. Tiada satu hal di dunia bahkan di alam semesta ini yang luput dari perhatian Allah swt. Bahkan sehelai daun yang jatuh di tengah hutan yang lokasi nun jauh di sana, Allah oun mengetahui dan memberikan ijin atas kejadiannya.

Seperti biasa, majalah ini menurunkan tiga artikel berat penuh makna di bagian awalnya untuk mendukung tajuk “Pada Akhirnya, Kita Hanyalah Manusia”. Sudah lama saya berlangganan majalah ini karena setiap edisi selalu memberikan peringatan yg saya rasa cocok buat saya yang dhaif ini. Teguran paling mengena pada saya di edisi ini adalah tentang kelalaian dalam bertasbih kepada Allah swt. Mengapa manusia begitu mudah lalai dalam bertasbih sedangkan burung saja rajin bertasbih kepadaNya.

Kisah-kisah yang dicontohkan pun begitu penuh makna dan membekas di hati. Kisah tentang orang yang kakinya tinggal satu dan salah satu dari tujuh anaknya mati namun masih bersyukur karena uyanhg disisakan Allah untuknya masih banyak: satu kaki lagi dan dua tangannya, serta enam anak yg masih hidup. Yang paling mengharukan adalah kisah seorang ibu yang melahirkan anak yg lemah dengan otak rusak, lumpuh, tak bisa membuka matanya. Dokter telah memvonis si anak yg bernama Abdullah bahwa tak ada lagi peluang hidup. Namun sang ibu masih punya satu hal: doa kepada Allah swt. Kuasa Allahpun bekerja dan sang anak sembuh serta tumbuh normal. Subhanallah!

Semuanya berpusat pada keyakinan kita bahwa Allah satu-satunya yang Maha Kuasa yang menentukan apa yang terjadi di semesta alam ini.

Wass,
G

Read Full Post »

Shalat BMW

Assalamualaikum wr wb.

Teman-teman sekalian, bersama ini saya mengajak teman-teman untuk bergabung di grup dalam Facebook yang bertajuk SHALAT BMW. Sebagai bentuk ketaatan kita sebagai hamba Allah swt, kita perlu amalkan semua perintahnya dimana salah satunya adalah shalat. Silakan baca deskripsi di bawah dan gabung di FB dengan klik : Shalat BMW.

Wass,

G

————

Assalamualaikum wr wb.

Pada suatu pertemuan, seorang teman bertanya “Apa kamu melakukan shalat selalu tepat waktu?”. Pertanyaan seperti ini sulit untuk dijawab langsung karena bisa menggali sedikit lubang buat setan dan iblis masuk membisikkan kata yang membuat kita riya (pamer). Yang saya lakukan adalah kembali bertanya:

T: “Di rumah punya pembantu?”
J: “Iya”
T: “Pernahkah memanggil pembantu tapi tidak segera datang?”
J: “Ya tentu pernah”
T: “Bagaimana rasanya?”
J: “Jengkel dan kuesel…!!! Lha wong kita sudah bayar gajinya selalu tepat waktu dan setiap tahun ada kenaikan gaji kok hanya dipanggil saja tidak mau datang segera!”

Itulah kira-kira analoginya yang sederhana dalam kaitan hubungan kita dengan sesama manusia. Memang sang majikan yang memanggil merasa memiliki KUASA terhadap pembantu yang digajinya sehingga merasa kesal ketika tidak segera merespons ketika dipanggil.

Bagaimana bila kita dipanggil Allah SWT?

Tiap hari kita mendengar sekurangnya lima kali adzan yang dikumandangkan dari masjid yang bertebar begitu banyak di negeri kita tercinta ini. Bagaimanakah respons kita terhadap adzan itu?

– Ntar aja masih di jalan, waktu masih panjang kok buat Zhuhur
– Tanggung nih pekerjaan lagi numpuk, ntar ajalah
– Allah kan maha pemurah, shalat nanti aja gak pa pa …
– Makan siang dulu, kalau shalat sekarang kan lapar, ntar shalatnya gak khusyu…
– dan lain lain alasan …

Untuk itulah maka grup ini dibuat untuk menyemangati agar kita semua menyegerakan shalat di awal waktu. Allah tidak serta merta murka kalau kita menunda shalat, namun bukankah kita sebaiknya tahu diri bahwa kita ini hanya makhluk kecil yang lemah di hadapan Allah swt? Sedangkan antara majikan dan pembantu saja marah kalau tidak responsif. Padahal majikan tidak bisa menciptakan seorang pembantu, sedangkan Allah adalah sumber dari segala penciptaan di jagad raya ini.

Sebetulnya tidak hanya di awal waktu namun juga berjamaah dan khusus buat kaum Adam dilaksanakannya di masjid. Untuk itu, seorang kerabat dekat saya: Rizal B Prasetijo membuat singkatan yang bagus untuk ini: BMW.

B = Berjamaah
M = dilakukan di Masjid
W = pada awal Waktu setelah adzan

Saya bukan ustadz namun saya ingin sekali menjadi orang yang benar-benar beriman dan benar-benar bertakwa, makanya saya usulkan membuat grup ini supaya kita bisa saling berbagi dan mengingatkan, sekaligus menyemangati buat shalat BMW.

Mengenai dalil-dalil tentang keutamaan shalat, silakan teman-teman berbagi di grup ini.

Mari kita biasakan shalat BMW sebagai kebutuhan hidup.

Semoga Allah swt merahmati langkah kita ini. Amin.

Wass,
G

Read Full Post »

Dari status FB terjadilah diskusi ini:

Gatot Widayanto

Majelis ta’lim malam tadi membahas An Nahl ayat 72 sd 75. Betapa dalam makna yg terkandung terutama dlm hal ijin Allah dlm beristri lebih dari satu. Bnyk yg menekankan aspek “2, 3 atau 4″nya tapi jarang yg menekankan aspek “adil” nya dan bila tak bisa maka nikahilah 1 saja. Ada gak sih manusia yg adil?

Mareta Nilamsari likes this.
Gatot Widayanto

Gatot Widayanto

Maaf, di ta’lim tadi juga dibahas surah An Nisa soalnya terkait …
Yesterday at 8:30pm · Delete
Surjorimba Suroto

Surjorimba Suroto

bahkan banyak yg tidak berusaha mencari tahu latar belakang peristiwa setiap pernikahan Rasulallah. Ada yg karena politik, melindungi janda sahabat yg syahid, perintah Allah SWT, dll. Bukan spt kebanyakan orang hari ini yg biasanya karena nafsu syahwat.
Yesterday at 8:31pm · Delete
Yanwar Baharin A

Yanwar Baharin A

Keadilan buat manusia itu sifatnya relatif, sesuai dengan kaidah hukum bahwa “Keadilan Untuk Seseorang adalah Ketidak adilan untuk Orang Lain”. Jadi Keadilan yang mutlak adalah hanya milikNya..
Yesterday at 8:36pm · Delete
Baney Birowo

Baney Birowo

Kalau ada manusia yg bisa merasa adil,bukankah itu namanya “sombong?”.Krn yang bisa menilai adil atau tidaknya kita hanya Allah SWT&sesungguhnya keadilan yg hakiki adalah hanya milik Allah SWT.
Yesterday at 8:49pm · Delete
Anto Sulistianto

Anto Sulistianto

mohon maaf, tp koq Surat An-Nahl 72 sd 75 itu nggak ada bicara masalah adil yaa…?
Yesterday at 8:59pm · Delete
Gatot Widayanto

Gatot Widayanto

Betul pak Anto di An Nahl tdk dibahas masalah adil. Tapi ustadz tadi mengkaitkan dg An Nisa ayat 3. Wass, G
Yesterday at 9:13pm · Delete
Haris Fauzi

Haris Fauzi

saya setuju bro suryo….latar belakangnya…. kalo memang tulus, harusnya yang dinikah itu adalah janda terlantar…bukan milih kembang kampung…bukankah begitu ?
Yesterday at 10:06pm · Delete
Hastu Wicaksono

Hastu Wicaksono

hihi…. sy keinget ucapan polos ibu sy pas lebaran kmaren dpt undangan resepsi pernikahan ustadz lebhi dr 1 .. katanya, klo jaman dulu sultan ato kepala daerah ato ahli warisnya yg bisa punya istri 2,3,4… klo jaman skarang yg boleh beristri lebih dari 1 kalo nggak ustad ya ahli agama…

Sy pikir2, kayak2nya sih presiden, gubernur, dst jaman skarang emang ga ada or jarang banget yg dikabarkan punya istri lebih dr 1 ya…

Yesterday at 11:35pm · Delete
Ari Purnomo

Ari Purnomo

Ibadah itu ukurannya niat. Begitu juga dengan menikah lebih dari 1, yang termasuk ibadah. Ukuran adil-nya adalah niat, bukan hitungan matematis.
19 hours ago · Delete

Read Full Post »

An-Nahl 72-75

Assalamualaikum wr wb

Tulisan ini adalah ringkasan dari majelis ta’lim ba’da maghrib.

Ustadz yg memimpin majelis ta’lim tadi malam (3 oktober 2009) menekankan bahwa pada dasarnya pasangan suami istri telah diikat kuat oleh Allah swt dalam suatu pernikahan. Dalam pernikahan tak boleh main-main, apalagi mudah berpikir untuk bercerai. Keyakin orang Kristen untuk tidak bisa cerai itu sebenarnya bagus dalam hal semangat menyatukan pasangan suami-istri. Di dalam agama Islam, perceraian itu halal tapi dibenci Allah.

Allah swt itu sangat mengerti kebutuhan manusia dimana kaum adam punya syahwat yg lebih besar dibandingkan hawa. Kaum Adm tak kenal usia bahkan ada yg berusia 80 tahun menikah lagi dengan wanita berusia 25 tahun. Allah melaknat perbuatan serong yaitu berzina dengan selain pasangan suami-istri.

Beristri lebih dari satu memang diijinkan oleh Allah swt dengan syarat harus berlaku adil.  Kalau tidak bisa adil ya jangan beristri banyak karena tidak boleh sampai ada istri yang diperlakukan tidak adil.

Nabi sendiri menganjurkan menikahi wanita yang bisa melahirkan banyak anak. Namun itu dulu pada saat Islam baru berkembang. Sedangkan jaman sekarang kita perlu pembatasan karena pertumbuhan penduduk dunia yang begitu cepat.

Bila belakangan ini Allah swt memberikan banyak cobaan melalui bencana alam itu disebabkan karena di dunia ini banyak orang  yang kufur: pembunuhan semakin merajalela, riba sudah menjadi sesuatu yang wajar melalui kredit mobil, motor, rumah dan sebagainya. Padahal Rasul
mengatakan hukuman bagi orang yang melakukan riba adalah setara dgn ber zina dengan ibu kandungnya. Di akhirat  nantinya ia berjalan seperti orang mabuk. Zina adalah dosa besar ranking ke 3.

Banyak orang kufur terhadap nikmat Allah swt. Hujan itu rejeki. Namun, bersyukurkah kita? Makanya Allah memberi peringatan melalui bencana2 yg ada ini. Sampai sekarang masih ada yg belum percaya Allah itu ada.

Wass,
G

Read Full Post »

Hari Duka

http://mail.google.com/mail/?ui=2&ik=9808c9f14c&view=att&th=1240de5585af7a6e&attid=0.1&disp=inline&zw

Innalilahi wa inna ilaihi roji’un….

Gempa yang melanda saudara-saudara kita di SumBar kemarin (30 September 2009) sungguh sangat memprihatinkan. saya hanya ikut merasakan betapa pedihnya penderitaan saudara-saudara kita. Jelas terlihat di televisi tadi malam bahwa pencarian korban dilakukaan pada saat hujan deras di malam hari sedangkan listrik mati, sehingga satu-satunya sumber penerangan hanyalah senter bertenaga baterai.

Kita doakan agar saudara-saudara kita tabah dan tawakkal menghadapi semua musibah yang merupakan ujian dari Allah SWT ini …Semoga Allah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penderitaan saudara-saudara kita tak berlangsung lama. Amin ….

Wass,

G

Read Full Post »